Selasa, 13 Juli 2010

PANDUAN PEMBELAJARAN

Pengembangan paket panduan pembelajaran membaca dan menulis dengan pendekatan holistik tersebut dilaksanakan berdasar model pengembangan R2D2  (Recursive, Reflective,Design, and Development). Berdasar model itu, penelitian pengembangan ini mengacu pada tiga komponen, yaitu (1) fokus penetapan, (2) fokus desain dan pengembangan, dan (3) fokus diseminasi. Kegiatan fokus pene-tapan, meliputi pembentukan tim partisipatif, pemahaman konteks/analisis kebu-tuhan untuk memunculkan masalah dasar penelitian, dan solusi problem berkelan-jutan. Kegiatan fokus desain dan pengembangan, meliputi memilih lingkungan pengembangan, penentuan alat desain dan proses desain, strategi evaluasi, dan de-sain  produk.
Kegiatan fokus diseminasi, meliputi difusi dan adopsi. Model R2D2 didasari tiga prinsip, yakni rekursif, reflektif, dan partisipatoris. Bertolak dari tiga prinsip tersebut, penelitian dilakukan dengan pelibatan pengguna dan produk di-desain dan dikembangkan di lingkungan pengguna. Kegiatan tidak linear, tetapi rekursif dan semua kegiatan penelitian diamati, dianalisis dan direfleksi untuk sampai pada penyimpulan layak tidaknya produk.
           Untuk mengetahui kelayakan produk paket panduan Buku Acuan dan Buku Contoh Terapan, dilaksanakan uji produk. Kegiatan itu dilakukan untuk mendapat-kan masukan, komentar, dan saran terhadap produk pengembangan. Uji produk di-peroleh dari uji pengguna dan uji ahli. Masukan dari uji pengguna merupakan re-fleksi peneliti terhadap keseluruhan kegiatan proses desain dan pengembangan di lingkungan sekolah dasar pengguna. Khususnya, data catatan lapangan, masukan, komentar, dan saran dari guru mitra dan tim kolaboratif. Masukan dari keseluruh- an kegiatan uji pengguna digunakan untuk merevisi produk. Produk yang telah direvisi berdasarkan uji pengguna diuji oleh ahli perancangan pembelajaran, ahli pendidikan khusus, dan ahli isi bidang studi. Data hasil uji ahli digunakan untuk merevisi produk pengembangan baik Buku Acuan maupun Buku Contoh Terapan.
          Hasil akhir  produk yang telah direvisi dalam proses desain dan pengem-bangan dikaji berdasar teori yang digunakan. Produk paket panduan pembelajaran membaca dan menulis ini dikembangkan dengan pendekatan holistik. Berdasar pendekatan tersebut, produk yang dihasilkan merupakan suatu keutuhan, mengacu pada komponen-komponen pembelajaran. Produk yang dihasilkan meliputi Buku Acuan dan Buku Contoh Terapan. Buku Acuan terdiri atas (a) Buku 1: Pendekat- an Holistik sebagai Landasan Pembelajaran Membaca dan Menulis, (b) Buku 2: Identifikasi Kebutuhan Khusus Membaca dan Menulis SBB (c) Buku 3: Asesmen dan Evaluasi Membaca dan Menulis SBB, (d) Buku 4: Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis SBB, (e) Buku 5: Penataan Kelas untuk Pengembangan Lingkungan Keberwacanaan, atau (f) Buku 6: Perencanaan Pembelajaran Mem-baca dan Menulis. Buku Contoh Terapan terdiri atas sebelas bahasan meliputi (a) Petunjuk umum: Pembelajaran Membaca dan Menulis dengan Pendekatan holis-tik; (b) Contoh Terapan 1: Identifikasi Kebutuhan Khusus Membaca dan Menulis bagi SBB; (c) Contoh Terapan 2: Asesmen dan Evaluasi; (d) Contoh  Terapan 3: Penataan Kelas; (e) Contoh Terapan 4:  Perencanaan; (f) Contoh Terapan  5: Petunjuk Khusus Program Semua Baca; (g) Contoh Terapan 6: Petunjuk Khusus Program Membaca dan Menulis Mandiri; (h) Contoh Terapan 7: Petunjuk Khusus Program Proyek Semester; (i) Contoh Terapan: 8 Petunjuk Khusus Workshop Membaca dan Menulis; (i) Contoh Terapan: 9 Contoh Portofolio Membaca dan  Menulis; (11) Contoh Terapan 10: Catatan Guru. Produk Paket Acuan didesain terpisah, namun merupakan satu keutuhan. Setiap Buku Acuan dilengkapi komponen-komponen buku yang meliputi halaman sampul, halaman judul, kata pengantar, daftar isi, grafik struktur buku, panduan, uraian isi, konsep kunci, dan daftar pustaka. Sampul Buku didesain bergambar untuk aspek kemenarikan. Paket Contoh Terapan didesain dalam satu buku dan dilengkapi pengantar dan daftar isi. Pergantian setiap contoh terapan ditandai halaman judul dengan ilustrasi gambar.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

awal yang baik

Anonim mengatakan...

Nauczylem sie wiele